Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Membeli Genset


Bagi anda yang berada di daerah jauh dari kota, dimana terkadang sering mengalami pemadaman listrik terlebih jika PLN sedang menjadwalkan pemadaman bergilir, kondisi suplai listrik yang terhenti ini sangat menyulitkan. Bayangkan saja ketika anda sedang sibuk bekerja, dimana harus menggunakan listrik untuk menyalakan PC atau perangkat yang membutuhkan supply listrik, tiba-tiba listrik mati! Tentu hal ini sangat menganggu.

Tidak jarang anda merasa kesal dan marah apabila listrik dari PLN mati, tapi apa boleh buat, marahpun tidak membuat keadaan jadi lebih baik. Akhirnya pertimbangan untuk membeli genset muncul karena dirasa bisa sangat membantu dalam menyediakan sumber listrik saat listrik dari PLN terputus. Sebaiknya anda mulai mencoba untuk mencari-cari informasi seputar genset, mulai dari jenisnya, harga jual,cara pemakaian hingga perawatannya. Ada banyak jenis genset dari berbagai merk, serta harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi jika anda mau meluangkan sedikit waktu untuk mencari informasinya. Ada 2 jenis genset yang umum dipasaran yaitu genset open dan silent. Harga jual genset silent dibandingkan genset open biasanya lebih mahal. Apa itu benar? Untuk masalah harga adalah sesuatu yang relatif. Mahal tidak jadi masalah jika memang kualitas barangnya bagus.

Namun, faktor harga tentu bukan satu-satunya yang menjadi pertimbangan saat membeli genset, ada faktor lainnya yang tidak boleh diabaikan, seperti:

1. Daya Listrik Genset

Untuk memudahkan memilih genset yang sesuai, tentu harus mengetahui terlebih dahulu berapa nilai kebutuhan listrik, tidak harus tepat, cukup diperkirakan saja! Jika sudah, maka akan lebih mudah menentukan genset dengan daya listrik berapa yang pas. Umumnya, untuk penggunaan skala rumah tangga, genset yang digunakan adalah yang berdaya listrik sekitar 5 kVA – 60 kVA.

2. Jaminan Garans